Tuesday, May 31, 2011

Musik Virtual: Membuat Kreasi Musik Tanpa Alat Musik

Saat ini pertumbuhan band musik semakin pesat. Namun tidak semua orang bisa membentuk band musik, dan tidak semua orang bisa memiliki alat musik yang diimpikannya. Padahal sebenarnya banyak sekali orang dengan telenta musik yang hebat yang ada di sekitar kita, yang tidak tersalurkan, sehingga bakat alaminya akhirnya terpendam begitu saja.
  
Buat kamu yang merasa memiliki bakat musik dan ingin menciptakan karya musik, kamu bisa menuangkan kreasimu walaupun kamu tidak memiliki band musik, maupun tidak memiliki alat musik. Dengan berbekal komputer dan software musik yang bisa kamu cari di internet kamu bisa membuat karya musik dengan menggunakan instrument musik tiruan. Karena instrument musik yang dipakai adalah tiruan atau tidak nyata maka musik jenis ini sering disebut dengan musik virtual, musik digital, atau musik synthesis.
  
Pada garis besarnya proses pembuatan lagu/musik dilakukan dalam beberapa tahap berikut:
  
tracking   - >  mixing  - >  mastering
  
Tahap tracking adalah tahap audio recording (instruments, vocal) ke dalam beberapa track secara terpisah. Di dalam pembuatan musik synthesis tahap rekaman instrument musik bisa diganti dengan music synthesizing, yaitu proses pembuatan musik dengan menggunakan software komputer. Software yang digunakan untuk keperluan ini umumnya disebut music synthesizer.

Pada umumnya dasar dari pada software synthesizer adalah midi, yaitu suatu perintah standar yang berisi kode dan parameter musik (pitch, volume, vibrato, dll) yang bisa dijalankan oleh komputer dan instrument musik electronik. Dengan midi kamu bisa membuat aransemen dengan berbagai suara instrument musik (seperti suara pada keyboard midi). Maka yang terpenting di dalam membuat kreasi musik synthesis adalah midi.  

membuat kreasi musik synthesis berarti kamu harus mengerti midi.

Dengan semakin berkembangnya teknologi musik digital, suara elektronik yang dihasilkan midi bisa diganti dengan suara yang lebih natural dengan menggunakan VST Instrument (VSTi) atau menggunakan SoundFont (SF2). VSTi dan SoundFont menggunakan sampel suara instrument musik yang sebenarnya, sehingga kualitas suara yang dihasilkan tergantung pada kualitas sampel suara instrument yang digunakan.
Secara garis besar tahap pada music synthesizing adalah:  
    
midi arranging & processing  - >  SF2 / VSTi  - >  effect
   
Selain itu kamu bisa menambahkan loop musik, saitu sampel musik yang diulang-ulang, misalnya loop untuk drum. Ada banyak loop yang bisa ditemukan di internet, baik dalam format midi maupun format audio (mp3, wma,... ). 
  
Selanjutnya kamu bisa menggabungkan musik synthesis dengan track audio ( vocal atau instrument musik lainnya). Selamat berkarya ! 
  
Contoh musik virtual kreasi saya : Biarlah - Killing Me Inside

- Tuju Nada -

1 comments:

MegaVST.com - Free VST Plugin said...

yup, jaman sekarang bisa bikin musik dari rumah