Friday, April 1, 2011

Mengenal Lebih Dekat Tentang VST

Pengertian VST 
   
Menurut wikipedia, Steinberg Virtual Studio Technology (VST) adalah suatu interface untuk mengintegrasikan software audio synthesizer dan plugin efek dengan audio editor dan sistem rekaman hard-disk. VST dan teknologi yang sejenis menggunakan Digital Signal Processing untuk mensimulasikan perangkat keras studio rekaman tradisional dengan perangkat lunak. Teknologi ini diciptakan oleh Steinberg. VST plugin pada umumnya disertai interface yang menampilkan kontrol yang mirip dengan switch dan tombol-tombol pada peralatan audio aslinya.


Pengertian bebasnya kira-kira begini:
Dengan VST ini kamu bisa melakukan apa yang bisa dilakukan di studio rekaman dengan berbekal software komputer dan hanya dengan duduk manis di depan komputer.


Apa yang bisa dilakukan dengan VST?


Dengan VST kamu bisa menghasilkan suara tiruan suatu instrumen musik, tanpa harus memainkan alat musik, tanpa harus memiliki alat musik.


Dengan VST kamu bisa memberi berbagai efek seperti yang dilakukan di studio musik.


Dengan kedua kemampuan tersebut artinya: kalau kamu punya bakat musik kamu bisa membuat suatu karya musik hanya dengan bekal komputer dan software.


Apa macam-macam VST?


Pada umumnya VST digolongkan menjadi 2 macam (walaupun ada juga jenis yang lain) :
  • VST Instrument (VSTi) 
  • merupakan module program yang mensimulasikan tampilan fisik dan suara instrumen musik. Dengan VST plugin ini kamu bisa membuat tiruan suara yang menyerupai suara suatu instrumen musik. Ada VST instrumen untuk drum, VST instrument untuk gitar, dll. Data yang diperlukan untuk jenis VST ini adalah berupa data MIDI.
  • VST Effect 
  • VST ini mengolah dan memberi efek pada suatu data audio. Ada VST efek untuk reverb, delay, distorsi, dll. Beberapa VST bisa dipakai bersamaan, dimana output dari VST plugin yang satu bisa menjadi input untuk VST plugin yang lain (disebut dengan chaining).


Apa bentuk dari VST?


VST bukan merupakan software yang berdiri sendiri tetapi merupakan suatu modul program dijalankan oleh software lain. VST biasanya berupa file dll (dynamic link library).


Dengan apa VST dijalankan?


VST dijalankan oleh suatu software (yang biasanya disebut VST host). VST host bisa merupakan software yang berdiri sendiri yang khusus untuk menjalankan VST, atau bisa merupakan bagian dari software (biasanya disebut Digital Audio Workstation) yang dilengkapi fasilitas VST host. Software musik yang bisa menjalankan VST antara lain: Nuendo, Cubase, Fruityloops, Mixcraft, Acid Pro, Reaper, Sonar, dan masih banyak lagi


Apa ada kompetitor lain selain VST ?


Ada beberapa perusahaan software musik yang juga mengembangkan teknologi musik yang serupa dengan VST, antara lain:


RTAS (Real Time Audio Suite) dikeluarkan oleh Digidesign dan bisa dijalankan lewat software musik Pro Tools


AU (Audio Unit) dikembangkan oleh Core Audio untuk dijalankan lewat software berplatform Mac OS X antara lain GarageBand, Soundtrack Pro, Logic Express, Logic Pro, Final Cut Pro, MainStage


LADSPA (Linux Audio Developers Simple Plugin API). Pada mulanya dirancang untuk bekerja pada Linux tetapi bisa juga dipakai untuk aplikasi dalam platform lainnya, misalnya LMMS dalam versi Windows.



Mengapa harus pilih VST, dan dimana mendapatkannya?

VST lebih populer dan bisa dijalankan lewat banyak software musik. Selain itu VST mudah dicari dan banyak tersedia di internet baik itu yang mahal maupun yang gratis. Saat ini tersedia juga software converter untuk merubah format plugin misalnya dari VST ke RTAS, VST ke AU, dan lain-lain.  
- Tuju Nada -





5 comments:

MegaVST.com said...

Makasih sob, kalo mo download vst plugin, silahkan ke tempat ane

Zulis said...

@MegaVST.com OK ane akan berkunjung, makasih bro...

dicky dzikral said...

Nanti d share juga jenis jenis vst dan fungsinya😀

Dian Rahmat Yuneri said...

Gan VST instrument (misal drum) yang cocok untuk adobe audition CC apa ya?

Unknown said...

Artikelnya keren, cm mau tanya, VST plugin biar bisa berdiri sendiri tanpa software bantuan bisa gak ya?