Tuesday, May 24, 2011

Menggunakan Midi untuk Koreksi Pitch Vokal

Untuk mengoreksi pitch vokal dengan menggunakan Autotune Evo kamu bisa menggunakan 2 mode yaitu mode otomatis dan mode grafik seperti pada tulisan sebelumnya. Pada mode otomatis selain dengan cara yang telah saya bahas di tulisan sebelumnya, ada cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan midi.
  
Yang harus disiapkan adalah file midi yang terdapat track untuk lirik lagu. Selanjutnya track midi akan dihubungkan dengan track audio (vokal), sehingga pitch vokal akan tepat seperti apa yang terdapat pada track midi. Cara ini bisa digunakan untuk mengoreksi pitch, atau membuat variasi lagu pada nada yang berbeda, atau memberi sensasi yang unik pada vokal.
  
Cara menghubungkan track vokal dengan track midi tergantung pada software digital audio workstation yang kamu pakai. Kalau kamu menggunakan Nuendo kamu bisa mencoba langkah berikut:
  1. Membuka file project (.prj) kemudian menambahkan efect Autotune Evo pada track vokal. Kalau belum paham caranya kamu bisa baca Tips Nuendo: Menggunakan Vst Effect pada Track Audio
  2. Masuk menu File --> Import --> Midi File, kemudian mucul dialog window: Do you want to make a new project? pilih No, kemudian pilih file midi yang terdapat track lirik.
  3. Ubahlah nomor channel midi (bukan nomor track) ke nomor 1
  4. Sinkronkan waktu start antara track vokal dan track midi.
  5. Klik track midi kemudian klick out (midi output) pada midi inspector kemudian pilih Autotune Evo. Sampai pada tahap ini track vokal telah terhubung dengantrack midi.
  6. Setelah itu buka Autotune Evo. Langkah nomor 5-6 ini sama seperti pada Menambahkan Vst Instrument pada Track Midi
  7. Setelah Autotune Evo terbuka, pilih Auto Mode
  8. Pilih Target Note via Midi, dan Octave All
Sekarang coba mainkan lagu kamu, perhatikan bahwa nada yang kamu nyanyikan sudah diganti dengan nada yang ada pada midi. Selanjutnya kamu bisa mengatur retune speed, targeting dan parameter lainnya seperti yang telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya.
  

Yang harus diperhatikan adalah pada umumnya lagu dinyanyikan dengan legato dan vibrato pada bagian-bagian tertentu. Pada midi, legato dan vibrato tersebut bisa disimulasikan dengan mengatur parameter pitch wheel. Kalau tidak maka lagu akan terdengar kaku atau kurang luwes.
  
Jika waktu start antara track vokal atau track midi digeser sehingga ada sedikit perbedaan waktu start, maka suara (pengucapan lirik) yang dihasilkan menjadi unik mirip seperti suara robot. 
- Tuju Nada -

2 comments:

MegaVST.com - Free VST Plugins said...

makasih infonya sob

viraentertaimen@gmail,com said...

ANDA BUTUH MIDI YANG PAKAI LIRIIK
& STYLE TERBARU COCOCK UNTUK SEMUA
PSR YAMAHA & SERTA KEYBOARD KORG & ROLAND HUBUNGI KAMI 082394478622
ATAU 085398047652 VIRA MUSIK
ENTERTAIMEN KOTA PALOPO