Friday, March 11, 2011

Tips Memilih Nama Band


Nama Band adalah hal yang penting baik bagi personil band maupun bagi dunia bisnis musik. Ibarat suatu produk barang maka nama band merupakan semacam merek dagang di dalam dunia bisnis musik.
Nama band merupakan salah satu wujud eksistensi band dan merupakan suatu kebanggan bagi personilnya, serta akan terus melekat pada nama personil band kalau band itu sudah populer. Contohnya orang akan menyebut Piyu dengan sebutan Piyu Padi, begitu juga dengan Anji Drive, Pasha Ungu, Andy Rif dll.  Tentunya mungkin kamu gak ingin dipanggil (maaf) Ricky Anjing hanya gara-gara namamu Ricky dan nama band kamu Anjing.



Namun memilih nama band bisa dibilang gampang-gampang susah. Tentunya kita ingin memiliki nama band selain indah, unik juga belum dipakai oleh band lain. Persoalannya saat ini sudah ada ribuan band yang terrsebar di seluruh kota dan di seluruh dunia, sehingga nama-nama yang sederhana dan menarik atau unik hampir semuanya sudah terpakai untuk nama band lain. Kalau gak percaya coba saja kamu search di google.

Kalau kamu lagi pusing memilih nama yang tepat untuk band kamu, mungkin beberapa tips berikut akan berguna:

Mencari ide nama band


Nama band sebaiknya disesuaikan dengan bandnya, maksudnya gak mungkin band cowok memakai nama Lipstik, Pinky, atau Centil. Juga harus disesuaikan dengan karakter, style atau genre band tersebut. Kalau band beraliran thrash metal tentunya akan menggunakan nama yang terkesan garang, kokoh, dinamis dan enerjik.

Selain makna, ada baiknya juga mempertimbangkan keindahan kata, maksudnya nama tersebut enak diucapkan dan enak didengar. Padanan kata yang jarang dipakai dalam bahasa sehari-hari biasanya terkesan lebih indah. Misalnya Lentera terkesan lebih indah daripada Lampu. Begitu juga Bahtera terkesan lebih menarik daripada Perahu.

Menggunakan nama yang unik dan aneh atau bahkan lucu terkadang membuat band menjadi cepat dikenal. Contohnya orang langsung ingat nama band Kuburan hanya dengan sekali dengar, walaupun mungkin dia gak suka lagunya.


Gunakan gabungan beberapa kata untuk nama band

Memilih nama band yang hanya satu kata apalagi yang mempunyai makna indah, bisa dipastikan sudah terpakai oleh band lain. Agar menjadi beda maka gunakan gabungan beberapa kata. Maksudnya kalau kamu ingin memakai kata Berlian untuk nama band kamu, maka gak ada salahnya ditambahkan kata lain menjadi: Berlian Putih, Berlian Biru, Berlian Hati, Tiga Berlian, Raja Berlian, Berlian Muda dll.

Menggunakan istilah asing

Kata atau istilah dari bahasa yang beda dengan bahasa sehari-hari kita akan memberi kesan lebih keren dan lebih menarik. Istilah asing yang cenderung cocok dengan selera lidah dan telinga orang Indonesia biasanya adalah dari bahasa Inggris, Spanyol, Itali, Latin atau bahkan dari bahasa daerah kamu, contoh:

Esperanza (Spanyol) yang berarti harapan
Strada (Itali) yang berarti jalan
Anima (Latin) yang berarti jiwa
Espacio (Spanyol) yang berarti angkasa


Kamu bisa menggunakan google terjemahan untuk membantu menerjemahkan bahasa Indonesia ke berbagai bahasa lain.

Menggabungkan angka pada nama band


Menggabung angka pada nama band kamu akan menambah kesan yang menarik dan khas serta mudah diingat, seperti pada nama band berikut:
Five minutes
Nine Ball
Fade 2 Black

Menggunakan singkatan

Menggunakan singkatan memberi kesan yang unik dan keren pada nama Band, walaupun arti dari singkatan itu terkadang hanya diambil dari hal yang sederhana misalnya tempat atau alamat berdirinya band, dan ada juga yang di ambil dari singkatan nama personil band.
Misal band kamu beralamat di Jalan Sawo 17 maka kamu bisa kasih nama band JS17.
Atau misal kamu merasa band kamu adalah Kumpulan Orang Gaul berjumlah 5 orang maka kamu bisa singkat menjadi  band KorG-five

Banyak band besar yang menggunakan nama singkatan, antara lain:

Trio Libels yang berarti kelompok trio yang berasal dari SMA 15
ST12 yang berarti Stasion Timur no 12 yaitu alamat studio OMS tempat berdirinya band tersebut
SS501 berarti Super Star Five in One
2NE1 berarti 21 New Evolution

Mempercantik penulisan nama Band


Penulisan nama band adakalanya perlu dibuat agak beda dengan mengganti huruf tertentu dengan simbol yang menyerupai huruf aslinya, untuk menarik perhatian sehingga nama band terlihat unik dan cepat dikenal, contoh:

AERO bisa menjadi A3RO
SMASH menjadi SM*SH atau SM#SH

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat.

5 comments:

DIET PALING AMAN said...

Mantap gan informasinya .. ane bener2 kesulitan dalam mencari nama band .. tapi ada sdikit inspirasi stlah ane baca artikel ini gan .. thank ya !

DIET PALING AMAN said...

Mantap gan informasinya .. ane bener2 kesulitan dalam mencari nama band .. tapi ada sdikit inspirasi stlah ane baca artikel ini gan .. thank ya !

Zulis said...

@DIET PALING AMAN thanks bro telah berkunjung ke tujunada

News Info said...

Terima kasih banyak mas, sangat terinpirasi nieh.

Cepi Ali Anwari said...

Mantap artikelnya gan, membantu sangat dalam pencarian nama band ane yg belum juga ketemu yg cocok nih. Oia salam blogger jg gan, kebetulan ane ngisi waktu nulis di http://www.kiatkiat.com/ thanks ya