Thursday, April 7, 2011

Apa Itu SoundFont ?

SoundFont adalah teknologi yang dirancang untuk menjembatani gap antara audio rekaman  dan audio sintesis, terutama untuk tujuan komposisi musik komputer. SoundFont berupa file dengan format SF2.

Format SoundFont pertama dikembangkan oleh  Creative Labs, pencipta sound card Sound Blaster dan E-mu. Seseorang dapat membuat SoundFont sendiri dengan menggunakan software antara lain Viena SoundFont Studio.
  
Teknologi SoundFont ini mirip dengan software sampling. Sebuah file SoundFont, atau disebut juga 'bank' SoundFont, mengandung satu atau lebih sampel gelombang audio, yang bisa disintesis lagi pada nada yang berbeda pada range nada tertentu. Secara umum, kualitas dari sebuah bank SoundFont tergantung pada kualitas sampel digital dan jumlah sampel yang diambil untuk range nada tertentu.
   
Bank SoundFont berkaitan erat dengan perangkat MIDI dan bisa digunakan untuk menggantikan suara (patch) General MIDI (GM). Pada umumnya kualitas suara bank SoundFont lebih unggul dari bank GM standar. Ada banyak bank SoundFont yang telah dibuat terutama untuk mengganti bank GM dengan sampel audio dari setiap suara alat musik (patch) yang ada pada GM.
  
Soundcard menggunakan wavetable untuk mendefinisikan sampel dasar yang digunakan untuk me-render file MIDI. File MIDI itu sendiri tidak mengandung data suara apapun, melainkan hanya berisi instruksi untuk membuat suara tersebut, sehingga bergantung pada wavetable soundcard untuk menghasilkan suara tersebut dengan benar.
  
Dengan SoundFont yang kompatibel dengan synthesizer memungkinkan pengguna untuk menambahkan sampel suara untuk membuat musik mereka. Dengan desain suara yang bagus, soundfont menawarkan suara yang realistik, karena didasarkan pada sampel suara instrumen nyata.
  
Sebuah bank SoundFont berisi sampel dasar dalam format PCM (semacam file wav.) yang dipetakan ke keyboard musik. Sebuah bank SoundFont juga mengandung parameter musik sintesis lainnya seperti loop, vibrato, dan velocity. Dengan kemampuan ini, sebuah komputer dengan kartu suara SoundFont yang kompatibel dengan soundcard atau synthesizer dapat membuat konten audio yang serupa dengan kualitas sampler digital profesional.
  
Baca juga:
Soundfont Merubah Suara Midi Menjadi Lebih Realistis
   
-Tuju Nada -

2 comments:

Anonymous said...

Informasinya sangat membantu...

Unknown said...

Sangat membantu :) terimakasih banyak