Tuesday, May 3, 2011

Tips Nuendo: Menambah Vst Effect pada Track Midi

Pada Nuendo, untuk menambahkan vst effect pada track midi sedikit berbeda dengan penambahan vst pada track audio. Kalau kita mengaktifkan track midi maka pada sebelah kiri muncul midi inspector, dan tombol insert yang ada adalah untuk menyisipkan efek midi (bukan untuk vst effect).
  
Untuk bisa menggunakan vst effect midi harus dihubungkan dengan vst instrument. Kalau belum tahu caranya, kamu bisa baca menambahkan vst instrument pada track midi  kemudian ikuti langkah berikut:
  
Pertama siapkan vst effect pada folder steinberg/Nuendo/vstplugins, kemudian buka project yang terdapat track midi. Selanjutnya untuk menyisipkan vst effect pada track midi bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut:
  
Cara ke-1

    
Aktifkan/klik track midi yang akan menggunakan vst effect, sehingga pada midi inspector sebelah bawah akan muncul instrument inspector. Pada contoh ini track midi nomor 4 menggunakan vst instrument yang berada di channel nomor 5, jadi yang diklik adalah track nomor 4.
Klik instrument inspector untuk membuka menu pada instrument inspector
  
Klik insert sehingga muncul beberapa slot untuk vst effect
Klik slot vst effect untuk memasukkan vst effect
Langkah selanjutnya sama seperti pada menggunakan vst effect pada track audio
  


   
Cara ke-2
  
Aktifkan channel instrument yang berhubungan dengan track midi yang akan menggunakan vst effect sehingga pada sebelah kiri akan muncul instrument inspector. Pada contoh ini adalah channel vst instrument nomor 5.
Klik insert untuk membuka slot vst effect
Klik slot untuk memasukkan vst effect
Langkah berikutnya sama dengan menggunakan vst effect pada track audio




- Tuju Nada -

1 comments:

MegaVST.com - Free VST Plugins said...

makasih infonya bos, bisa jadi referensi kalo ada orang tanya