Friday, March 25, 2011

Menggunakan Auto-Tune Evo Vst untuk Vocal Pitch Correction

Salah satu tahapan proses yang dilalui dalam vocal processing adalah pitch correction yaitu mengoreksi atau membetulkan nada suara vokal. Ketika seseorang menyanyikan suatu lagu, pada kenyataannya dia tidak selalu tepat menyanyikan pada nada yang seharusnya. Seringkali ada pergeseran nada dari yang seharusnya terutama pada nada-nada yang terlalu rendah dan pada nada-nada yang terlalu tinggi yang mendekati batas kemampuan penyanyi. Pitch correction banyak dilakukan oleh para sound engineer di industri musik di seluruh dunia.


Auto-Tune Evo adalah Vst effect yang digunakan untuk melakukan koreksi pada pitch vokal. Auto-Tune Evo dikeluarkan oleh perusahaan Antares Audio Technologies. Dengan menggunakan Auto-Tune Evo pergeseran nada bisa dibetulkan ke nada yang benar. Menggunakan software pitch correction bukan berarti kualitas atau kemampuan vokalis kurang bagus, tetapi lebih bertujuan untuk mendapatkan hasil suara yang optimal. Bahkan vokalis yang sudah terkenalpun banyak menggunakan metode ini didalam proses pembuatan album mereka.




Ada dua mode koreksi pitch yang disediakan yaitu mode Auto dan mode Graph. Pada mode Auto, koreksi dilakukan secara otomatis oleh software berdasarkan key scale lagu yang dinyanyikan. Sedangkan pada mode Graph, grafik suara vokal akan ditampilkan di layar dan selanjutnya bisa diamati apakah suara vokal tersebut berada pada pitch yang benar atau tidak. Jika ada bagian lagu/vokal yang nadanya kurang benar maka pada bagian tersebut bisa dengan mudah dibetulkan dengan cara menggeser-geser grafik suara.




Kemampuan lain dari Auto-Tunen Evo adalah bisa untuk transpose scale lagu/suara. Misalnya anda menyanyi di scale-C kemudian ingin menaikkan ke D atau menurunkan ke A dsb.


General features:
- 2 mode of pitch correction : Automatic and Graphical
- real time pitch shifting
- transpose to +/- 12 semitone
- formant correction
- throat modeling
- add vibrato


Auto-Tune Evo v6.09 Free Download including crack:







6 comments:

Anonymous said...

okey thank info'y gan.....

Zulis said...

@AnonymousThanks kunjungannya bro ...

Anonymous said...

apa yang saya cari, terima kasih

MegaVST.com said...

Aku dulu pernah pake, tapi sekarang lebih suka edit manual pake melodyne

Zulis said...

@MegaVST.com bisa di share melodyne -nya bro ...

Prayoga Yo said...

@Zulis
gan kok gak mau di install ya di Win 7 mohon pencerahan .