Monday, May 2, 2011

Tips Nuendo: Menambahkan Vst Instrument pada Track Midi

Saat ini telah banyak diciptakan vst instrument dengan kualitas suara yang mendekati suara instrument aslinya, yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan suara midi. Buat kamu yang belum paham dan ingin tahu cara untuk menggunakan vst instrument pada Nuendo kamu bisa menggunakan langkah-langkah berikut:
    
1. Letakkan file vst instrument pada folder: Steinberg\Nuendo\vst pluggins
2. Buka file project yang berisi track midi
3. Menambahkan vst instrument pada project.
Masuk menu devices --> Vst instrument
Klick pada slot vst instrument dan pilih vst instrument yang akan digunakan, kemudian akan muncul tampilan vst instrument dan muncul channel vst instrument pada track list. Tutup dulu window vst instrument yang terbuka. Pada contoh berikut ini vst instrument SI-Bass Guitar ditambahkan ke dalam project. 
       













    
4. Menghubungkan track midi dengan vst instrument

  
Klick track midi yang akan dihubungkan dengan vst instrument. Klick track name (nama defaultnya Midi) pada midi inspector (berada di sebelah kiri). Klick output dan perhatikan bahwa vst instrument yang kamu tambahkan ke project sudah muncul dalam daftar. kemudian pilih vst instrument tadi. Pada contoh dibawah ini track midi nomor 4 dihubungkan dengan SI-Bass Guitar. 


  
5. Membuka dan setting vst instrument
  
Setelah vst instrument terhubung dengan track midi, maka setiap kamu menghidupkan (s) atau mematikan (m) track midi akan selalu diikuti channel vst instrument.
Sekarang kamu bisa memainkan midi kamu dengan suara yang baru. Sambil memainkan musik kamu, kamu bisa membuka vst instrument dengan cara meng-klik icon open device atau edit vst instrument. Lalu cobalah untuk merubah atau mengatur setting untuk parameter-parametrer yang ada di vst instrument dan perhatikan pengaruhnya terhadap suara instrument.
    
Catatan:
Jika kamu ingin menggunakan vst instrument yang sama untuk track midi yang lainnya maka vst instrument harus ditambahkan lagi ke dalam project, sehingga akan ada misalnya SI-Bass Guitar 1 dan SI-BassGuitar 2
  
- Tuju Nada -

9 comments:

Anonymous said...

koq punya saya gak muncul gan

Zulis said...

@Anonymous Letakkan file vst instrument pada folder ... \steinberg\Nuendo\vst plugins\ , kemudian ikuti langkah diatas

MegaVST.com - Free VST Plugin said...

makasih but infonya sob, aku juga pengguna nuendo

MegaVST.com - Free VST Plugin said...

makasih but infonya sob, aku juga pengguna nuendo

paijo said...

thxs mas bro,,

Zulis said...

@paijosama-sama mas, makasih atas kunjungannya

rani rizky said...

linknya mana gan,,,,

Unknown said...

Maaf saya pny ezdrum pas aq buka di nuendo fike patch not found, padahal toontrack ny udh aq copy ke steinberg/nuendo/vst plugins, mohon bantuannya

Unknown said...

Maaf maksud saya file not found