Friday, April 29, 2011

Memilih Software Midi Yang Cocok Buat Kamu

Banyak software midi atau software musik yang mendukung midi yang bisa kamu temukan dan bisa didownload dari internet.  Karena banyaknya pilihan maka agak sulit untuk menentukan software midi mana yang cocok buat kamu. Masing-masing software midi punya kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan software midi lainnya.
   
Walaupun demikian, ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan di dalam memilih software midi seperti diuraikan berikut ini: 
  
Mempelajari fitur software
  
Membaca fitur software  bertujuan untuk mengetahui kemampuan software serta mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Bagi yang sudah terbiasa dengan software musik tidak akan mengalami kesulitan untuk memilih software midi dengan cara melihat fitur software tersebut. Namun bagi yang awam dengan software musik mungkin pada awalnya akan kebingungan dengan banyaknya istilah musik maupun istilah software musik, namun akhirnya akan terbiasa dengan istilah tersebut.
  
Metode pembuatan midi
  
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat midi, sehingga kamu bisa memilih software midi mana yang sesuai dengan kemampuan kamu berdasarkan metode tersebut. Pada umumnya software midi menggunakan salah satu atau beberapa metode berikut:
   
1. Editor midi berbentuk notasi musik
   
Kalau kamu sangat menguasai membaca / menulis notasi musik (not balok) maka pilihlah software midi yang menggunakan editor dalam bentuk notasi musik, misalnya: Harmony assistant, Sibelius dan lain-lain.


2. Editor midi berbentuk Piano Roll 
  
Pada metode ini kamu tidak harus mengerti notasi musik. Untuk membuat not lagu kamu hanya tinggal mengklik pada diagram piano roll pada posisi waktu dan durasi yang tepat. Editor berbentuk Piano Roll banyak dipakai di sebagian besar software musik dan paling banyak disukai oleh pemakai software. Misalnya: Nuendo, Cubase, Sonar, Synthfont, Fruity Loops, LMMS, Onyx Arranger dan lain-lain


3. Midi Record
    
Kalau kamu pandai memainkan instrument midi, misalnya keyboard midi, maka pilihlah software midi yang mendukung record dari instrument midi. Kamu tinggal menghubungkan instrument midi dengan komputer, kemudian ketika kamu memainkan instrument tersebut maka musik yang kamu mainkan akan terekam dalam bentuk midi. Pada umumnya software musik saat ini mendukung perekaman dari instrument midi.
  
Jangan terpaku dengan satu software midi
    
Jika kamu sudah cocok dengan salah satu software midi yang kamu suka, tidak ada salahnya mencoba software midi yang lain karena mungkin ada suatu kelebihan yang belum kamu jumpai di software pertama kamu. Selain itu akan berguna bagi kamu untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang software musik.

Jika kamu sudah pernah atau terbiasa dengan salah satu software midi (ataupun software musik pada umumnya) maka kamu tidak akan terlalu mengalami kesulitan jika mencoba software midi lainnya.

Software midi yang saya suka  

Di antara beberapa software midi, saya lebih suka membuat dan meng-edit midi menggunakan Onyx Arranger , kemudian untuk menambahkan efek dan mixing saya memilih Synthfont dan Nuendo.   
- Tuju Nada -

3 comments:

MegaVST.com said...

Ane suka yang noasi musik atau record bro, kalo piano roll paling buat finishing aja

Sri Kuncoro said...

Mantapbs...
Terima kasih informasinya...

Sri Kuncoro said...

Mantapbs...
Terima kasih informasinya...