Friday, April 29, 2011

Menjajal Kemampuan SynthFont


Synthfont adalah software musik untuk membuat dan memainkan midi dengan menggunakan Soundfont dan beberapa file sound lainnya seperti: Giga Sampler, SFZ, DLS, DS404, GUS. Selain menggunakan file sound, Synthfont juga bisa menggunakan Vst instrument. 
     
File midi berbeda dengan file audio, misalnya mp3, karena di dalam midi tidak berisi data audio, melainkan hanya berupa kumpulan not dan perintah untuk memainkannya.
     
Synthfont menggabungkan data midi dan data audio di dalam soundfont untuk menghasilkan (render) versi audio dari lagu. 


So, apa yang bisa kamu lakukan dengan Synthfont?
  • Kamu bisa membuat sampai 32 track midi dengan editor berbentuk piano roll yang mudah, simpel dan user friendly.
  • Kamu bisa memasukkan suara instrument dari file Soundfont maupun sound file dalam format lainnya. Kamu juga bisa menyetting dan mengedit soundfont. Bahkan kamu bisa membuat soundfont kamu sendiri (terlebih dahulu harus menginstall Viena)
  • Kamu bisa menggunakan vst instrument sebagai alternatif lain dari soundfont.
  • Kamu bisa menggunakan beberapa vst effect untuk menambahkan berbagai efek  audio.
  • Kamu bisa merender aransemen musik kamu ke dalam beberapa format file audio, yaitu: wav, mp3, ogg, flac, ape, dan wma.

    
Dengan kemampuan tersebut artinya hanya dengan software musik sekecil Synthfont kamu bisa membuat aransemen musik kamu sendiri !

    
Dengan ukuran filenya yang relatif kecil, software Synthfont bisa dibilang mempunyai kemampuan yang cukup handal dibandingkan dengan software serupa di kelasnya. Dengan berbagai fitur yang tersedia, synthfont hadir dalam bentuk penataan menu yang sederhana dan mudah untuk dioperasikan.
     
Dengan fitur yang ada, sudah cukup untuk membuat aransemen musik, namun bagus atau tidaknya sangat tergantung kepada:
  • Kualitas soundfont atau vst instrument yang digunakan
  • Kualitas vst yang digunakan
  • Kemampuan dan kreatifitas anda di dalam pengaturan dan pemanfaatan fitur yang telah disediakan.

Anda yang ingin mencari software music synthesizer terutama bagi para pemula tidak ada salahnya mencoba kemampuan Synthfont.


Keterbatasan Synthfont
     
Synthfont lebih menekankan pada music synthesizer, dan belum mendukung untuk edit dan processing untuk data audio, sehingga kalau ingin mixing dengan track vocal maka harus dilakukan dengan software lainnya.


Download Synthfont
         
Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang Synthfont silahkan mengunjungi dan download langsung dari official site disini:


- Tuju Nada -

0 comments: