Friday, January 20, 2012

Midi Tutorial Menggunakan Onyx Arranger

Sebelumnya saya permisi kepada para sobat yang sudah jago dalam hal midi. Pada kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagai pengetahuan tentang cara membuat midi menggunakan Onyx Arranger kepada mereka yang belum paham tentang midi namun memiliki keinginan kuat untuk belajar midi.
  
Bagi para sobat yang awam tentang software musik, khususnya midi, maka belajar software sendiri dengan hanya membaca petunjuk software pasti akan menemui banyak kesulitan. Belajar dari kawan yang sudah bisa adalah cara yang lebih baik. Namun kalau teman sobat juga sama awamnya, maka mengikuti tutorial di TujuNada ini adalah salah satu solusinya 

Banyak sekali software midi yang bisa ditemukan di internet mulai dari yang free, yang share, sampai yang bayar, mulai dari yang berukuran Mega sampai yang berukuran Giga. Namun saya pilih Onyx Arranger dengan alasan

  • Software ini ringan, ukurannya cukup kecil namun fiturnya cukup lengkap, tidak kalah dengan software midi lainnya.
  • Sobat bisa download di situs aslinya
  • Penataan menu dan cara membuat midi banyak kesamaan dengan software midi pada umumnya
  • Nanti kalau sobat sudah menguasai software ini, maka sobat tidak akan mengalami kesulitan kalau berpindah menggunakan software musik lainnya.
Sobat bisa membaca fitur Onyx Arranger disini
Di dalam tutorial ini saya tidak banyak bicara tentang teori-teori yang menjemukan yang tidak ada bedanya dengan membaca manual software, tapi saya akan memberikan tutorial dengan cara langsung mengajak sobat untuk berkreasi membuat midi lagu. Tentu saja dimulai dari yang paling sederhana kemudian secara bertahap akan diperkenalkan ha-hal baru tentang midi dan tentang Onyx Arranger.
  
Tutorial Midi disajikan dalam bentuk flash video agar lebih informatif. Semua petunjuk dan langkah-langkah ditampilkan langsung pada video demo, disertai beberapa catatan kecil pada setiap posting tutorial. Sebelumnya saya mohon maaf kalau kualitas suara pada video agak mengganggu pendengaran sobat, karena audionya saya compress untuk memperkecil file serta kemampuan saya untuk membuat video memang terbatas. Kalau ada kesempatan, secara bertahap saya akan berusaha meng-update dan terus menambah materi pada tutorial ini.
Materi Tutorial Midi yang akan diberikan di TujuNada ini adalah