Friday, January 20, 2012

Midi Tutorial: 01- Introduction to Onyx Arranger

Posting ini adalah tutorial awal dimana pada tahap ini saya akan mengenalkan kepada sobat gambaran sekilas tentang fitur dan cara menjalankan Onyx Arranger.
  
Jika ini merupakan kali pertama sobat menjalankan Onyx Arranger, maka yang terbaik pada tahap awal ini adalah sekedar tahu dan mengenal cara menjalankan program, menjalankan beberapa perintah sederhana, mengenal struktur program: menu, view, pane, toolbar.
  
Pada Onyx Arranger ada beberapa View, namun yang terpenting adalah:
  • Main View, bagian utama program yang pertama muncul ketika program dibuka
  • Piano Roll View, tempat mengedit not dan mengedit parameter midi (volume, panning, attack, modulasi dll) yang di dalam midi disebut dengan istilah Controller. Controller ditampilkan pada Controller Pane dalam bentuk garis atau kurva
Pada Main View dan Piano Roll View terdapat beberapa sub-window yang disebut pane, yang dipisah oleh garis pembatas yang bisa digeser (drag) sesuai kebutuhan.
  
Pada Meassure Pane terdapat garis waktu yang ditampilkan dalam satuan :
          bar : beat : tick , 
          dimana 1 beat = 960 tick
  
Pada demo dapat dilihat bahwa file midi terdiri dari beberapa track, dimana setiap track dihubungkan dengan channel midi. Ada beberapa pilihan suara instrument (patch) yang bisa digunakan pada track tersebut. 
  
Sambil mengikuti tutorial ini sobat bisa mencoba membuka file midi, memainkan midi, memainkan secara berulang (Loop), dan memainkan satu atau beberapa track pada mode Solo. Selanjutnya silahkan berpindah dari Main View ke Piano Roll View dan sebaliknya sambil mengamati pane dan tools yang ada.
  



Pada demo ditampilkan midi lagu 'Terlalu Lama - Vierra'.  Pada tahap berikutnya saya akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara membuat midi lagu tersebut step-by-step.

Baca juga:

Midi Tutorial Menggunakan Onyx Arranger
Tutorial 02 - Membuat Track Drums
Tutorial 03 - Merangkai Melodi
Tutorial 04 - Mengcopy Midi Event ke Track Lain
Tutorial 05 - Membuat Bass Line
Tutorial 06 - Menyusun Chord

0 comments: