Wednesday, June 15, 2011

Pengertian Channel dan Track pada Midi

Midi dirangkai dari beberapa track, dimana setiap track dihubungkan dengan channel midi, dan setiap channel dihubungkan dengan satu nomor program suara instrument musik (patch), misalnya channel 1 untuk bass, channel 2 untuk piano dan sebagainya.
  
Pengertian antara track dan channel seringkali membingungkan. Channel dan track pada midi mempunyai kemiripan arti. Keduanya menggambarkan adanya pemisahan instrument musik pada posisi yang berlainan untuk memudahkan pengaturan didalam menyusun komposisi musik. Namun pengertian channel midi lebih mengarah ke spesifikasi midi, sedangkan  track midi lebih mengarah kepada desain sequencer atau software midi di komputer. Software midi sequencer bisa menyediakan lebih dari 16 track sesuai dengan kapasitas software, tetapi batas jumlah channel midi pada umumnya adalah 16.
  
Di dalam midi, penomoran track tidak harus sama dengan penomoran channel, misalnya track nomor satu tidak harus sama dengan channel nomor satu. Yang perlu diperhatikan adalah standar penomoran untuk channel instrument drums adalah nomor 10 untuk sistem penomoran 1..16, atau nomor 9 untuk sistem penomoran 0..15

Satu channel dihubungkan dengan satu program suara instrument musik. Jika ingin menggunakan beberapa suara instrument di dalam satu channel, harus dilakukan secara bergantian dengan cara mengganti program suara (patch), misalnya channel untuk suara gitar clean berganti menjadi suara gitar distorsi.

Satu channel midi bisa dipakai untuk beberapa track midi, misalnya satu channel untuk piano dipisahkan antara tangan kiri dan kanan menjadi dua track midi. Contoh lainnya adalah menggunakan channel 10 (drum) untuk beberapa track, misalnya track untuk kick, snare, hi-hat, cymbal dan sebagainya. Keuntungan pemisahan track tersebut adalah memudahkan pengaturan misalnya volume (velocity) untuk masing-masing track.

0 comments: