Friday, June 10, 2011

Circle of Fifths: Magical Chords Diagram

Circle of Fifths atau lingkaran kunci adalah suatu diagram berbentuk lingkaran dilengkapi dengan 12 kunci musik yang sangat berguna di dalam belajar dan menulis musik. Beberapa kegunaan serta keunikan circle of fifths adalah sebagai berikut:
  
Menemukan chord utama

Tiga Chord Utama dari suatu kunci bisa ditemukan dengan cara mencari kunci tersebut pada diagram kemudian  melihat huruf sebelum dan sesudahnya. Misalnya pada kunci C, huruf sebelum dan sesudahnya adalah F dan G, maka tiga chord utamanya adalah : C - F - G. Begitu juga kunci G, tiga chord utamanya adalah: G - C - D dan seterusnya.
 
Menemukan nada ke-5 (perfect 5th)
  
Jika kita melihat salah satu kunci pada diagram tersebut kemudian bergerak satu langkah searah jarum jam, maka akan ditemukan nada ke-5 untuk kunci tersebut. Misalnya untuk kunci-C nada ke-5 adalah G, begitu pula pada kunci G  nada ke-5 adalah D dan seterusnya
  
Sebagai Pedoman untuk Menulis atau Mengetahui Kunci Lagu
  
Kunci suatu lagu pada music sheet, dapat dilihat dari jumlah simbol flat (b) atau sharp (#) pada awal staff sesudah tanda clef. Dari diagram lingkaran dapat dilihat misalnya kunci G memiliki 1 tanda #, kunci A memiliki 3 #, kunci E memiliki 4 # dan seterusnya.

3 comments:

Anonymous said...

Nice blog. and post .Keep up about piano chord .tx

Zulis said...

@Anonymous thank's for visiting me

Unknown said...

Sob yg 3 chord utama di atas apa bedanya sama trinada ?