Tuesday, March 29, 2011

Kenapa Harus Jadi Plagiat Lagu?


Dari dulu hingga sekarang, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa lagu yang sempat booming, belakangan diketahui ternyata itu adalah plagiat atau jiplakan karya orang lain. Bahkan itu dilakukan oleh musisi atau band papan atas. Tentu saja itu membuat para penggemarnya kecewa berat. Mereka sangat kecewa kenapa idola mereka harus kehilangan idealisme sebagai musisi sejati.

Mungkin di antara mereka melakukan plagiat karena memilih jalan pintas supaya cepat terkenal. Mungkin pula mereka melakukan karena terpaksa, misalnya sudah terikat perjanjian kontrak dengan pihak major label untuk menyelesaikan album lagu dalam kurun waktu terbatas sementara jadwal show mereka cukup padat. Apapun alasannya plagiat lagu atau plagiat karya cipta apapun adalah tindakan yang tidak terpuji.

Bantahan yang sering dikemukakan adalah mereka sekedar terinspirasi oleh band lain yang menjadi idola mereka. Terinspirasi boleh-boleh saja, dan itu wajar. Semua band atau musisi pasti punya idola, dan pasti idola mereka akan mempengaruhi warna musik mereka. Tetapi kenapa harus jadi plagiator. Padahal mereka adalah band ternama, bukan sekelas pelawak opera van java. Akan lebih baik kalau karya musik idola mereka sekedar menjadi inspirasi untuk memberi sentuhan atau memperkaya warna musik tanpa harus kehilangan kreatifitas dan keorsinilan suatu karya musik.

Tapi saya yakin mereka tetaplah musisi hebat, yang bisa membuat kreasi yang lebih bagus. Karya-karya terbaru mereka masih selalu ditunggu oleh para fans beratnya. So, teruslah berkreasi dan berkarya.
Say no to plagiarism !!!

- tuju nada -

0 comments: