Friday, March 25, 2011

Tips Cara Menulis Lirik Lagu



Pada dasarnya menulis lirik lagu tidak jauh berbeda dengan menulis puisi, hanya saja di dalam menulis lirik lagu harus diperhatikan keserasian antara lirik dengan melodi lagu.

Tidak ada aturan yang baku di dalam hal menulis lirik lagu, namun beberapa tips berikut bisa kamu jadikan pedoman untuk mengarang lirik sebuah lagu.


Mencari ide dan tema lagu


Kebanyakan lagu terlahir dari pengalaman hidup si pengarang lagu. Lagu yang terlahir dari pengalaman hidup apalagi didukung oleh alunan nada yang kuat akan membuat lagu lebih berkarakter dan seakan mempunyai ruh.

Walaupun bukan dari pengalaman pribadi, ide lagu juga bisa didapat dari peristiwa sehari-hari di sekitarmu, pengalaman teman, dari cerita sinetron, cerita film, novel, bahkan hanya dari hasil imajinasi. Yang penting saat menuangkan ke dalam lirik lagu kamu harus bisa menghayati dan terbawa dalam cerita atau imajinasi tersebut, sehingga ide bisa tertuang dengan ungkapan yang kuat.

Agar lagu bisa booming, tema lagu bisa juga diambil dari peristiwa yang sedang hangat disekitar kita, misalnya seperti pada lagu:
            Andai Ku Gayus Tambunan,
            Nurdin Turun Dong,

atau tema diambil dari istilah atau idiom yang sedang populer di masyarakat misalnya: SMS (Inul), Online (Saykoji), Jamilah Jamidong (E’capede) dll.

Merangkai lirik lagu



Pertama rencanakan gagasan apa saja yang akan disampaikan di dalam lirik lagu. Kemudian tuangkan apa saja yang ada dalam perasaan kamu ke dalam kalimat bebas sesuka kamu. Biarkan ide-ide kamu mengalir bebas, jangan dipaksakan. Lirik lagu yang terlalu dipaksakan membuat lagu seakan tidak mempunyai ruh sehingga pesan yang akan disampaikan lewat lagu tidak akan sampai kepada pendengar lagu.

Selanjutnya susun kembali menjadi ungkapan yang padat dan mengena.
Jangan terpaku pada sajak karena kamu bukan menulis puisi. Keteraturan sajak bisa membuat lagu terdengar indah, tetapi terlalu terpaku pada sajak bisa membatasi kebebasan menuangkan ide ke dalam lagu.

Ungkapkan pesan yang akan kamu sampaikan dengan gaya penulisan yang beda  karena mungkin orang akan bosan jika mendengar ungkapan itu-itu saja. Gaya kamu di dalam menulis lagu akan menentukan jiwa dan kekuatan lagu. Sesuaikan gaya penulisanmu dengan warna lagu dan trend gaya di eramu. Lagu yang terlalu puitis seperti era 70-an tidak cocok lagi dengan trend saat ini.

Serasikan antara lirik dengan ritme dan nada lagu, jika belum pas gunakan padanan kata atau padanan ungkapan yang tepat dan sesuai, misalnya:
            kita bisa diganti kau dan aku, aku dan kamu atau diriku dan dirimu
            aku cinta kamu  bisa diganti kumencintaimu , atau aku mencintai dirimu
            sekarang bisa diganti kini , atau saat ini

Tak ada salahnya menggunakan kata-kata atau ungkapan yang unik atau yang sedang populer. Dewiq sukses menghasilkan banyak lagu hit dengan cara ini, misalnya pada lagu: OK, Lelaki Cadangan, BeTe, dll

Menggunakan ungkapan yang unik apalagi didukung alunan nada yang serasi akan membuat lagu tersebut selalu diingat orang, bahkan tanpa dilagukanpun orang akan tahu lagu tersebut., misalnya:
Ooh kamu ketahuan pacaran lagi …. (Matta)
Tapi buka dulu topengmu… (Peterpan)
Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang … (Ebiet G.A.D)
Separuh jiwaku pergi … (Anang)

Menambah perbendaharaan kata dengan banyak membaca puisi atau belajar dari lirik lagu-lagu yang sudah ada.
  

Memilih judul lagu



Seringkali keberhasilan sebuah lagu disebabkan oleh kejelian di dalam memilih judul lagu. Judul lagu bisa membuat orang tertarik untuk mendengarkan isi lagu, dan seseorang bisa tahu lagu hanya dari mendengar judulnya saja.

Judul lagu merupakan ungkapan yang bisa menggambarkan pesan lagu secara keseluruhan. Judul lagu bisa juga diambil dari bagian dari lagu yang dianggap cukup kuat, unik dan bisa mewakili isi lagu.

Agar mudah dikenal orang, tidak ada salahnya membuat judul lagu dengan ungkapan yang unik, khas, bahkan aneh didengar, atau dengan ungkapan yang belum pernah dipakai sebagai judul lagu. Judul yang unik membuat lagu mudah terlacak ketika browsing di internet sehingga secara tidak langsung mendukung popularitas lagu.

Dan yang terakhir tentu saja terus belajar, terus mencoba dan terus berkarya.


- tuju nada -

Baca juga:




4 comments:

arif n zip said...

thx bwt masukannya bang. sangat bermanfaat :)

muhd akbr said...

menulis lirik lagu itu sulit, apalagi membuat lagu. Juga menyesuaikan dengan nada!

zunot said...

Mantaps gan artikelnya,masukan banget buat gue gan, ada portal berita musik online terbaru loh gan, coba ke tekape deh gan >> Berita Musik Terbaru

candra anggra tama said...

@muhd akbr
saya buat nada bisa....
lirik yang susah