Tuesday, March 29, 2011

Mengarang Lagu Kreasi Sendiri? Kamu Pasti Bisa!



Ketika ditanya bagaimana cara mencipta lagu kebanyakan orang menjawab naluri atau insting. Dan ketika orang merasa insting musiknya lemah saat itu ia menyimpulkan bahwa dirinya tidak berbakat dan ia tidak ingin mencoba mencipta lagu walaupun sebenarnya ia ingin bisa. Padahal mungkin saja sebenarnya ia berbakat tetapi tidak disadari atau belum pernah terasah bakatnya.

Pada dasarnya setiap orang terlahir dengan naluri atau jiwa musik. Ketika seseorang bisa menikmati alunan musik, ketika tanpa sadar ia menghentakkan kaki mengikuti alunan nada, maka  sebenarnya naluri musik, jiwa musik ada dalam diri orang tersebut.

Lagu merupakan gabungan antara rangkaian kata-kata (lirik) dan rangkaian nada (melodi). Maka untuk bisa mencipta lagu, harus bisa menggabungkan dua unsur di atas. Terkadang ada orang yang handal di dalam merangkai kata indah tetapi lemah di dalam merangkai nada, dan sebaliknya.


Langkah-langkah untuk mengarang lagu

Mengarang lagu bisa dimulai dengan beberapa cara:

Yang pertama adalah menyusun lirik lagu terlebih dahulu, baru kemudian merangkai nada yang sesuai dengan lirik tersebut.

Yang kedua adalah merangkai nada/melodi terlebih dahulu, barulah kemudian diisi dengan lirik yang pas dengan melodi tersebut.

Yang ketiga adalah gabungan kedua cara tersebut. Terkadang seorang pengarang lagu mendapatkan ide penggalan lagu berupa satu atau beberapa kalimat langsung sekaligus beserta nadanya.  Uniknya ide bagian lagu tersebut bisa saja bagian awal lagu, atau bagian awal ref lagu, atau bahkan ending lagu. Kemudian barulah dilanjutkan dengan bagian yang lain, sebelum atau sesudahnya.


Tips mengarang lagu untuk pemula


Bagi kamu yang belum pernah mencipta lagu dan ingin mencipta lagu, yakinlah bahwa kamu juga bisa, dan pasti bisa. Tidak ada salahnya mencoba langkah berikut untuk meyakinkan bahwa kamu juga bisa bikin lagu:


1. Merangkai nada/melodi lagu


Pertama kamu akan mengarang lagu yang pendek saja, cukup satu bait. Pilih style lagu yang akan kamu buat, melo, ngebit, ngerock, ngedangdut  terserah kamu. Langsung mulai nyanyikan na na na na ... dengan nada dan ritme sesuka kamu, bila perlu langsung diiringi chord gitar (mau pake C atau A-minor dsb terserah kamu). Ulangi terus sampai kamu merasa mendapatkan alunan nada yang indah (setidaknya menurut kamu sendiri).  


Lanjutkan dengan terus menyanyi na na na na .... dengan berpindah-pindah chord. Kamu lakukan berulang-ulang, akhirnya pasti kamu akan temukan rangkaian nada (dan rangkaian perpindahan chord) yang asik didengar.
Tahap pertama sudah kamu lampaui dengan sukses!


2. Merangkai lirik lagu


Setelah kamu menemukan alunan melodi di atas, selanjutnya kamu rasakan dan resapi tema atau suasana apa yang cocok untuk lagu kamu, mungkin lagu jenaka, sedih, gembira, jatuh cinta, patah hati dll. Nah, kamu tinggal mengisikan lirik/kata-kata yang pas. Cari dan cari terus lirik yang pas dan mengena. Disinilah seninya menemukan lirik yang tidak hanya indah atau asik tetapi juga pas dengan nada lagu. Jangan dipaksakan tapi bayangkan dan rasakan, nanti ide-ide akan muncul dan mengalir dengan sendirinya.


Kalau kamu sudah menyelesaikan satu bait lagu berarti kamu juga bisa menyelesaikan bait berikutnya hingga ref dan ending lagu dengan cara seperti di atas. So pasti kamu juga bisa.


3. Menyempurnakan lagu


Lagu yang sudah kamu buat mungkin belum sempurna, jadi mungkin masih harus diperbaiki. Nnyanyikan dan rasakan berulang-ulang, kalau kamu merasa masih ada yang belum pas atau perlu perbaikan, lakukan saja. Mungkin itu nadanya, liriknya, temponya, stylenya dll. 


Jangan malu memperdengarkan kreasi lagumu ke teman-teman dekat. Dan jangan marah kalau kamu mendapatkan kritikan yang pedas, semua demi kemajuan kamu sendiri.


Jika kamu berhasil mengarang lagu kreasimu sendiri, dijamin kamu akan ketagihan untuk mencoba dan terus mencoba membuat kreasi baru lagi. Pada kreasi lagumu yang selanjutnya, kamu bisa mencoba untuk menggunakan cara yang kedua, yaitu kamu buat dulu liriknya kemudian kamu bikin melodi lagunya. Prinsipnya sama saja, yang penting ada kesesuaian antara lirik dengan nada lagu, dan yang pasti asik didengar.


Catatan penting: kalau kamu punya ide tentang lagu, walaupun itu berupa sebaris lirik atau sepenggal melodi, sebaiknya didokumentasikan entah itu dicatat atau direkam. Karena suatu saat mungkin dari sepenggal ide tersebut bisa menjadi sebuah karya besar yang sukses.
Selamat berkreasi dan berkarya!


- tuju nada -

0 comments: